Siapa Kami

BungaMatahari (BuMa) adalah komunitas puisi berbasis mailing list (milis) yang dibentuk pada 19 April 2000.

Dengan semboyan “semua bisa berpuisi”, BuMa terbuka bagi siapa saja yang ingin berpuisi. Karya-karya yang dikirimkan ke BuMa sangat beragam dan segar karena tidak hanya yang ‘berat’ dan serius, tetapi juga yang ‘ringan’ dan cenderung nyeleneh.

Sejumlah puisi yang ada di milis BuMa pernah diterbitkan dalam Antologi BungaMatahari (Avatar Press, 2005). Dalam kata pengantarnya, Seno Gumira Ajidarma menulis, “Ada banyak puisi yang serius di sini, dalam arti penulisnya bersungguh-sungguh dalam usahanya membangun sebuah konstruksi puitik. Namun juga banyak yang tampak dengan jelas sekadar bermain-main saja—dan justru kecenderungan yang ’antiserius’ ini yang bagi saya lebih menarik, karena dalam bentuk yang menghalalkan ‘kebebasan’ itulah kita melihat fenomena sosial melalui komunitas ini, yang saling berkomunikasi atas nama kecintaan kepada puisi.”

BuMa yakin kalau puisi bisa menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Kegiatan-kegiatan  berpuisinya sering dilakukan di ruang publik, seperti kafe, taman kota, bioskop dan stasiun kereta api, dengan gaya yang santai dan menyenangkan.

Kunjungi juga arsip media BuMa untuk mengintip apa saja yang telah dilakukan BuMa dan apa saja yang telah dikatakan oleh sejumlah kalangan tentang BuMa selama ini.

Saat ini, selain di milis, BuMa juga ada di Facebook, G+ CommunityTwitter, Instagram dan Tumblr. Atau, untuk keterangan lebih lanjut tentang bagaimana mulai berpuisi di BuMa, kunjungi halaman ini.

Advertisements

Semua Bisa Berpuisi!

%d bloggers like this: